Ivan Wirata Official Website
Close

Legislatif dan Eksekutif di Jambi Dukung Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup

JAMBERITA.COM- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mendorong masyarakat untuk membangun dan mengelola Kampung Mantap Lingkungan Hidup.

 

Iklan dalam berita

Kampung Mantap Lingkungan Hidup adalah desa atau kelurahan yang masyarakatnya memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, masyarakat yang mengelola sampah dengan bank sampah, serta menanam pohon di bantaran sungai untuk mencegah sedimentasi hingga abrasi.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Asnelly Ridha Daulay mengatakan melalui Kampung Mantap Lingkungan Hidup diharapkan bisa membantu dan membersihkan Sungai Batanghari terbebas dari sampah.

 

Katanya, selama dua tahun ini ada sebanyak 48 desa Kampung Mantap Lingkungan Hidup yang dibina oleh mereka yang dan tersebar di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

 

Dalam tahun 2023 ini, kata Asnelly antusias dari masyarakat jambi untuk mengikuti lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

 

” Pada Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup tahun ini diikuti 25 desa, sedangkan tahun kemarin (2022,Red) hanya diikuti 22 desa/Kelurahan. Sebelum menentukan pemenang Kampung Mantap Lingkungan Hidup ini, DLH Provinsi Jambi telah melakukan Bimbingan Teknologi (Bimtek) kepada koordinator lapangan, kemudian koordinator lapangan memilih 2 desa/kelurahan di wilayah-wilayah mereka masing-masing yang menurut mereka bisa untuk dibina,” katanya.

 

Kemudian, adapun output dari lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup yang dilaksanakan oleh DLH Provinsi Jambi ini yaitu pertama menyadarkan masyarakat desa untuk mengelola sampah secara 3 R (Reuse,Reduce dan Recycle), kedua mampu mendirikan bank sampah di wilayah mereka, ketiga menanam pohon di pinggir sungai, dan keempat mengeluarkan atau menerbitkan Surat Keputusan (SK) Lurah atau peraturan desa yang mengatur pengelolaan sampah di wilayah mereka.

 

“Itu yang akan menjadi poin penting dalam Kampung Mantap Lingkungan Hidup,” jelasnya.

 

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi Varial Adhi Putra bahwa pada bulan Desember 2023 mendatang akan dilakukan penyerahan piagam kepada pemenang Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup 2023 yang direncanakan akan dilaksanakan di Desa Tanjung Menanti, Kabupaten Muaro Bungo, Kota Jambi

 

“Lomba Kampung Mantap kito sudah pasa tahap penilaian yg in shaa allah awal bulan Desember ini ada acara penyerahan piagam lomba nyo. Rencana dilaksanakan di Kabupaten Bungo,” jelasnya melalui WhatsApp kepada Jamberita.com.

 

Lomba dan program Kampung Mantap Lingkungan Hidup ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak dari pihak legislatif maupun eksekutif.

 

Pimpinan Komisi III DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata mengungkapkan secara Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi mengaku sangat mendukung program yang dibuat dan dijalankan oleh DLH Provinsi Jambi.

 

Namun ia juga menghimbau DLH Provinsi Jambi untuk program dan Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup ini dilakukan sekali dalam setahun.

 

“Kalau bisa ini kegiatan dilaksanakan setiap hari, bukan hanya satu kali dalam setahun. Dan juga kedepan untuk semua desa atau warga yang tinggal di pinggir Sungai Batanghari sudah bisa mendirikan 3 R,” sebutnya.

 

Sementara itu, Ivan juga mengungkapkan bahwa DPRD Provinsi Jambi sudah menganggarkan dana untuk program Sungai Batanghari bersih, yang dimana dalam program tersebut ada Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup.

 

Ivan juga mengajak Pemprov Jambi untuk terus mengawal dan bergerak bersama bagaimana menciptakan dan merealisasikan program Sungai Batanghari bersih.

 

“Ayoklaa, bersama wujudkan program,” ajaknya.

 

Sebagai informasi dalam Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup tahun 2023 ini ada 2 kategori yaitu Kampung Mantap Lingkungan Hidup dan intensif Bank sampah yang baik.

 

Selain itu, DLH Provinsi Jambi juga menggelar lomba fotografi dengan tema “Peduli Sungai Batanghari”. Lomba ini sudah dibuka sejak 12 Oktober hingga 25 November 2023. Dan Lomba fotografi ini, terbuka untuk umum. Untuk informasi lebih lanjut bisa dicek akun sosial media yang mereka miliki. Instagram @dlh prov.jambi, Facebook, Dlh Provinsi Jambi dan website, dlh.jambiprov.go.id. (Tna)

 

Sumber : Jamberita.com

Iklan Bawah Berita

Related Posts