Ivan Wirata Official Website
Close

Ivan Wirata Sepakat Tutup Izin Tambang Batu Bara di Jambi Jelang Jalan Khusus Selesai 

TRIBUN JAMBI.COM,JAMBI- Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata sepakat cabut izin tambang atau stop operasional angkutan Batu Bara di Jambi sebelum jalan khusus diselesaikan.

 

Iklan dalam berita

Hal itu sampaikan oleh Ivan Wirata setelah melihat kondisi kemacetan jalan publik atau jalan nasional di Provinsi Jambi yang dilalui oleh angkutan Batubara.

 

Kata Ivan Wirata, akibat kemacetan angkutan Batubara di jalan publik tak sedikit masyarakat berdampak dan mengeluhkan itu.

 

“Saya sepakat izin tambang Batu Bara itu ditutup sementara menjelang jalan khusus wajib dibuat,” ujarnya, Jumat (27/1/2023).

 

Lebih lanjut politisi dari Partai Golkar itu menyebut, apa yang direncanakan dalam ground breaking (terobosan) beberapa waktu lalu, sudah ada beberapa perusahaan yang berinvestasi untuk bangun jalan khusus itu.

 

“Kita minta ini segera selesaikan terlebih dahulu. Artinya untuk angkutan Batubara tidak dibolehkan lagi lewat dijalan nasional, sebelumnya jalan khusus itu terselesaikan oleh investor tersebut. DPR RI juga menyampaikan di Kalimantan saja angkutan Batubara sudah punya jalan khusus, bagaimana dengan di Jambi,” ungkap Ivan Wirata.

 

Ivan juga menceritakan, waktu dirinya masih menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi pada tahun 2011-2014 lalu sudah ada wacana untuk bangun jalan khusus angkutan Batubara.

 

Waktu itu, kata Ivan harga Batu Bara belum tinggi, sehingga membuat pihak investor belum tertarik, apalagi saat ini harga Batu Bara sudah mulai tinggi.

 

“Pokok nya tidak ada lagi alasan tidak bangun jalan khusus angkutan Batubara di Jambi. Karena akibat angkutan Batubara melintasi jalan umum sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, karena jalannya macet, selain itu berapa banyak korban jiwa akibat angkutan Batubara di jalan umum,” tutupnya.

 

Sumber : (Tribun Jambi.com/ Hasbi Sabirin)

Iklan Bawah Berita

Related Posts